RSS

(Makalah Jaringan Komputer dan Komunikasi Data) “Persebaran Backbone Dunia”

06 Mar

BAB II

PEMBAHASAN

              

  1. A.    Internet Backbone

 

Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batas teritorial, hukum dan budaya. Secara fisik dianalogikan sebagai jaring laba-laba (The Web) yang menyelimuti bola dunia dan terdiri dari titik-titik (node) yang saling berhubungan. Node bisa berupa komputer, jaringan lokal atau peralatan komunikasi, sedangkan garis penghubung antar simpul disebut sebagai tulang punggung (backbone) yaitu media komunikasi terestrial (kabel, serat optik, microwave, radio link) maupun satelit. Node terdiri dari pusat informasi dan database, peralatan komputer dan perangkat interkoneksi jaringan serta peralatan yang dipakai pengguna untuk mencari, menempatkan dan atau bertukar informasi di Internet.

Internet backbone mengacu pada rute data utama antara jangkauan, jaringan strategis yang saling berhubungan dan router yang mana itu adalah inti dari internet. Rute data inilah yang disediakan oleh perusahaan swasta, pemerintah, akademisi dan pusat jaringan berkapasitas tinggi lainnya.  Pertukaran titik internet dan titik akses jaringan inilah yang disebut pertukaran lalu lintas internet antara negara, benua dan melintasi lautan di seluruh dunia.  Para penyedia layanan Internet ( Tier 1 networks ) juga ikut berpartisipasi dalam lalu lintas Internet backbone. Yang mana telah dinegosiasikan perjanjian interkoneksi, terutama diatur oleh prinsip settlement-free peering.

Para penyedia jasa Internet backbone secara teratur membuat perjanjian yang disebut perjanjian peering. Perjanjian ini memungkinkan penggunaan jaringan lain untuk menyerahkan lalu lintas Internet di mana lalu lintas tersebut akhirnya disampaikan. Para penyedia jasa Internet backbone biasanya tidak mematok biaya lain dalam penggunaan hal tersebut karena mereka semua mendapatkan penghasilan dari pelanggan-pelanggan mereka.

Berikut ini adalah gambaran kecil dari Internet Backbone, yang mana setiap baris ditarik antara dua node yang mewakili dua alamat IP.

Image

http://en.wikipedia.org/wiki/File:Internet_map_1024.jpg

Untuk mendukung fasilitas internet salah satunya dengan menggunakan kabel FO (fiber Optic) bawah laut yang disediakan oleh NAP (Network Access Point) yang dimiliki oleh NSP (Network Service Provider) sebagai penyedia jasa jaringan sehingga dapat digunakan oleh ISP (Internet Server Provider) yang nantinya akan diberikan kepada pengguna sehingga komunikasi dan pertukaran data dapat terjadi diantara pengguna internet.

Banyak NAP yang ada didunia ini mengkoneksikan  ke backbone telco/NAP yang ada di USA, karena akses internet paling banyak menuju kesana seperti facebook, google, yahoo, dan lain-lain.

Masih panjang loh ini download aja wes……..

——————————————————————————————————————————————————

Download Disini >>>

atau di http://www.ziddu.com/download/18791298/MakalahPersebaranBackboneDunia-4H-227228.pdf.html

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 6 Maret 2012 in Jaringan Kompi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: